Senin, 03 Juni 2013

RRC 1949-1969 PART II

1. Perkembangan Dan Transformasi Republik Rakyat China Pada Aspek Ekonomi
Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina (PKC). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan.


Republik Rakyat Cina mencirikan ekonominya sebagai Sosialisme dengan ciri Cina. Sejak akhir 1978, kepemimpinan Cina telah memperharui ekonomi dari ekonomi terencana Soviet ke ekonomi yang berorientasi-pasar tapi masih dalam kerangka kerja politik yang kaku dari Partai Komunis.


Dalam kurun waktu selama 30 tahun sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok tahun 1949, pemerintah Tiongkok melaksanakan sistem ekonomi berencana. Target-target perkembangan ekonomi di semua sektor direncanakan dan disusun oleh lembaga-lembaga khusus negara. Dengan adanya sistem seperti itu, ekonomi Tiongkok dapat berkembang mantap secara berencana dan terarah, namun sistem itu sekaligus dengan serius telah membatasi vitalitas dan laju perkembangan ekonomi.


Dari suatu kebijakan ekonomi China pada awal terbentuknya RRC yang paling mencengangkan adalah adanya kebijakan Lompatan jauh kedepan. Yaitu kebijakan ekonomi yang diusulkan Mao Zedong agar China bisa mengimbangi negara-negara di Eropa dari sektor industri. Tetapi rencana ini malah gagal total. Kegagalan ini dianggap Mao karena komunisme di China belum menyebar maka untuk lebih menyebarkan paham komunisme Mao Zedong menjalankan Revolusi Kebudayaan yang menelan ribuan korban jiwa.


Setelah kegagalan ekonomi yang dramatis pada awal 1960-an, Mao mundur dari jabatannya sebagai ketua umum Cina. Kongres Rakyat Nasional melantik Liu Shaoqi sebagai pengganti Mao. Mao tetap menjadi ketua partai namun dilepas dari tugas ekonomi sehari-hari yang dikontrol dengan lebih lunak oleh Liu Shaoqi, Deng Xiaoping dan lainnya yang memulai reformasi keuangan.


Karena kegagalan tersebut, terjadi transformasi ekonomi China. China menjadi negara yang “pragmatis” yaitu menggunakan system ekonomi pasar bebas ditengah tengah idiologi komunisme. Akhirnya tahun 1970-an, sesuai dengan hasil kongres ke-11 Partai Komunis China (Shiyi Da) Tanggal 12-18 Agustus 1977 yang dilaksanakan di Beijing, yaitu: reformasi ekonomi, dari ekonomi terpusat menjadi ekonomi pasar, dan modernisasi 4 bidang, yaitu industri, pertanian, ilmu dan teknologi, pertahanan nasional.


Kebijakan ekonomi China yang pragmatis ini didasarkan atas evaluasi pengalaman dalam pelaksanaan berbagai eksperimen program pembangunan yang mereka sebut ”mencari kebenaran dari kenyataan konkret”, seperti ”sistem tanggung jawab rumah tangga” yang pada akhir 1970-an telah meninggalkan sistem pertanian kolektif dan mengembalikan usaha tani kepada para petani. Hasilnya, kenaikan pesat dalam produktivitas, hasil produksi, dan pendapatan petani tanpa memerlukan pengeluaran besar dari Pemerintah China.
Kebijakan ekonomi yang pragmatis juga tecermin pada kebijakan ”pintu terbuka” bagi investasi asing. Meski dari tahun ke tahun sistem insentif dan peraturan mengenai investasi asing terus disempurnakan, insentif dan peraturan tentang investasi asing tetap menarik bagi investor asing.
Deng Xiaoping pada 1978 mengatakan, ”Bila China ingin memodernisasi pertanian, industri, dan pertahanan, yang harus dimodernisasi lebih dahulu adalah sains dan teknologi serta menjadikannya kekuatan produktif.” Pada 1985, Deng menegaskan pentingnya pendidikan karakter, dan orientasi hafalan dianggap ”membunuh” karakter anak. Setelah itu, guru dan kaum profesional amat dihargai. Sejak Deng Xiaoping meluncurkan program reformasi ekonomi tahun 1979, ekonomi China mengalami pertumbuhan amat menakjubkan.

2. Perkembangan Dan Transformasi Republik Rakyat China Pada Aspek Sosial Budaya
Secara resmi RRC memandang dirinya sendiri sebagai bangsa multi-etnis dengan 56 etnisitas yang diakui. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi; bagaimanapun merupakan mayoritas dalam hanya hampir setengah daerah Cina. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen, dan bisa dianggap sebagai kumpulan pelbagai etnik yang mengamalkan budaya dan bercakap bahasa yang sama. Kebanyakan suku Han bertutur macam-macam bahasa Cina yang diucapkan, yang bisa dilihat sebagai 1 bahasa atau keluarga bahasa. Subdivisi terbesar bahasa Cina yang diucapkan ialah bahasa Mandarin, dengan lebih banyak pembicara daripada bahasa lainnya di dunia. Versi standar Mandarin yang didasarkan pada dialek Beijing, dikenal sebagai Putonghua, diajarkan di sekolah dan digunakan sebagai bahasa resmi di seluruh negara.
Revolusi Komunis di negara ini sejak tahun 1949 meninggalkan kesan yang besar yaitu hampir 59% penduduknya (lebih kurang 767 juta orang) menjadi Ateis atau tidak percaya Tuhan. Namun lebih kurang 33% dari mereka percaya kepada kepercayaan tradisi atau gabungan kepercayaan Buddha dan Taoisme. Penganut agama terbesar di negara ini ialah Buddha Mahayana yang berjumlah 100 juta orang. Di samping itu, Buddha Therawada dan Buddha Tibet juga diamalkan oleh golongan minoritas etnis di perbatasan barat laut negara ini. Selain itu diperkirakan terdapat 18 juta penduduk Islam (kebanyakan Sunni) dan 14 juta Kristen (4 juta Katolik dan 10 juta Protestan) di negara ini.
Negara ini telah lama mengalami masalah pertumbuhan penduduk. Dalam usaha membatasi perkembangan populasinya, RRC telah mengambil kebijakan yang membatasi keluarga di perkotaan (etnis minoritas seperti Tibet dikecualikan) menjadi 1 anak dan keluarga di pedalaman 2 anak saat yang pertama wanita. Karena lelaki dianggap lebih bernilai ekonomis di daerah pedesaan, muncullah insiden tinggi mengenai aborsi selektif jenis kelamin dan penolakan anak di daerah pedesaan buat memastikan bahwa anak kedua ialah lelaki. Dasar ini hanyalah untuk penduduk mayoritas bangsa Han. Terdapat banyak rumah anak yatim untuk anak-anak terlantar ini, akan tetapi hanya 2% saja yang dijadikan anak angkat oleh orang lain. Yang selebihnya pula besar di rumah anak yatim itu. RRC telah mengintitusikan program pengambilan anak angkat internasional, di mana penduduk negara lain datang untuk mengangkat mereka, tetapi program ini menampakkan hasil yang tidak memuaskan. Norma tradisional Cina diperoleh dari versi ortodoks Konfusianisme, yang diajarkan di sekolah-sekolah dan bahkan merupakan bagian dari ujian pelayanan publik kekaisaran pada zaman dulunya. Akan tetapi keadaan tidak selalu begitu karena pada masa dinasti Qing umpamanya kekaisaran Cina terdiri dari banyak pemikiran seperti legalisme, yang di dalam banyak hal tidak serupa dengan Kong Hu Cu, dan hak-hak mengkritik kerajaan yang zalim dan perasaan moral invididu dihalangi oleh pemikir 'orthodoks'. Sekarang, adanya neo-Konfucianisme yang berpendapat bahawa ide demokrasi dan hak asasi manusia sejajar dengan nilai-nilai tradisional Konfuciusme 'Asia'.
Para pemimpin yang memulai langkah-langkah untuk mengubah masyarakat Cina setelah berdirinya RRC pada 1949 dibesarkan dalam lingkungan tua dan telah diajarkan norma hidup sesuai dengan lingkungan hidupnya. Meskipun mereka merupakan revolusioner yang mampu beradaptasi dengan zamannya, mereka tidak ingin mengubah budaya Cina secara besar-besaran. Sebagai pemerintah langsung, para pemimpin RRC mengganti aspek tradisional seperti kepemilikan tanah di desa dan pendidikan tetapi masih menyisakan aspek-aspek lainnya, misalnya struktur keluarga. Kebanyakan pemerhati luar berpendapat bahwa waktu setelah 1949 bukanlah sesuatu yang berbeda di RRC dibandingkan dengannya sebelum itu, malah merupakan penerusan cara hidup yang berpegang pada nilai-nilai lama masyarakat Cina. Pemerintah baru diterima tanpa protes apapun karena pemerintahan baru dianggap "mendapat mandat dari surga" untuk memerintah, mengambil-alih pucuk kepemimpinan dari kekuasaan lama dan mendapat rida para dewa. Seperti pada zaman lampau, pemimpin seperti Mao Zedong telah disanjung. Pergantian dalam masyarakat RRC tidak konsisten seperti yang didakwa.
Sepanjang masa pemerintahan RRC, banyak aspek budaya tradisi Cina dianggap sebagai seni lukis, peribahasa, bahasa, dan sebagainya yang lain telah coba dihapus oleh pemerintah seperti yang terjadi pada Revolusi Kebudayaan karena didakwa kolot, feodal dan berbahaya. Semenjak itu, Cina telah menyadari kesalahannya dan mencoba untuk memulihkannya semula, seperti reformasi Opera Beijing untuk menyuarakan propaganda komunisnya. Dengan berlalunya waktu, banyak aspek tradisi Cina telah diterima kerajaan dan rakyatnya sebagai warisan dan sebagian jati diri Cina. Dasar-dasar resmi pemerintah kini dibuat berlandaskan kemajuan dan penyambung peradaban RRC sebagai sebagian identitas bangsa. Nasionalisme juga diterapkan kepada pemuda untuk memberi legitimasi kepada pemerintahan Partai Komunis Cina.

3. Perkembangan Dan Transformasi Republik Rakyat China Pada Aspek Agama
Agama merupakan faktor penting dalam setiap sendi kehidupan manusia. Fungsi agama dalam masyarakat sampai saat ini belum bisa digantikan oleh faktor lainnya, karena agama merupakan sebuah penunjuk jalan bagi manusia untuk bisa mendaptkan ketenangan di dunia maupun di akhirat kelak.
Begitupun halnya di Cina, agama merupakan sesuatu yang sakral, karena agama menurut masyarakat Cina dielementasikan sebagai penghormatan kepada Dewa dan roh nenek moyang, hal ini terdapat dalam agama Kong Hu chu. Kong Hu Chu merupakan agama yang secara turun temurun tetap dipelihara oleh masyarakat Cina sampai sekarang bahkan ketika Cina sudah berubah menjadi negara RRC yang berideologikan komunis.
Dalam perkembangannya agama asing juga merambah masyarakat Cina, pada Abad ke 13-14 ketika wilayah Cina dikuasai oleh bangsa Mongol, datang aliran agama katolik yaitu Nestorianisme yang dibawa oleh para pedagang Eropa ke wilayah Cina untuk disebarluaskan. Agama-agama Asing pun kian berkembang ketika pada Zaman Dinasti Ming (Chin), Orang-Orang Eropa banyak berdatangan ke negara Cina untuk menjalin perdagangan serta menyebarkan agama Katolik dan Protestan. Penyebarluasan agama tersebut ditempuh lewat cara menyelenggarakan lembaga pendidikan bagi Bangsa Eropa yang tinggal di Cina serta orang-orang pribumi yang tertarik pada agama Protestan ataupun Katolik.
Kondisi kehidupan agama berubah secara drastis ketika Cina sudah dikuasai sepenuhnya oleh Komunis, sejak tahun 1949, agama juga dijadikan subjek untuk mempropagandakan partai, oleh karena itu agama terutama kristen mulai dikekang dan gereja-gereja di Cina tidak boleh berhubungan dengan gereja-gereja di luar RRC. Hal tersebut bertujuan untuk membebaskan gereja Cina dari “imperialisme kebudayaan” dan pengaruh asing.
Contoh konkret dari pengekangan gereja-gereja di Cina adalah peraturan yang mewajibkan gereja untuk tidak menyelenggarakan lembaga pendidikan atau sekolah. Hal ini terkait dengan ideologi komunis itu sendiri bahwa agama adalah candu bagi masyarakat, oleh karena itu gereja dilarang untuk mencampuri urusan pendidikan karena di setiap pelajarannya terkandung misi agama.
Padahal ketika misionaris kristen bergerak di bidang pendidikan, tingkat pendidikan di Cina mengalami perkembangan yang signifikan, namun di masa Revolusi tersebut pendidikan mengalami banyak kesulitan terutama guru atau pengajar baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Tapi PKC sendiri berdalih bahwa sistem pendidikan yang dijalankannya adalah sistem yang menganut pendidikan modern yang menitikl beratkan kepada keterampilan teknik daripada pemikiran ilmiah, dimana kurikulum perguruan tingginya menganut sistem pendidikan Uni Soviet dan penelitian-penelitian ilmiah tetap diselenggarakan oleh Akademi Ilmu Nasional yaitu Akademi Sinica sejak sebelum tahun 1949.
4. Perkembangan Dan Transformasi Republik Rakyat China Pada Aspek Pendidikan
Pada bidang pendidikan pada periode komunis ini mengalami beberapa perubahan. China yang sejak jaman dinasti kental akan pengaruh Konfusianisme lama-lama semakin pudar dah berkurang. Sejak awal abad ke-20 pendidikan modern banyak dikembangkan oleh misionaris katolik dan protestan. Pada awal tahun 1949 pengaruh dua golongan ini terhadap system pendidikan di RRC masih cukup besar, tetapi pada saat China menjadi sebuah negara komunis, maka komunis melarang semua campur tangan misionaris Katholik dan Protestan terhadap pendidikan di China. Pendidikan hanya dijalankan oleh negara saja, tanpa campur tangan pihak atau golongan lain, dengan doktrin-doktrin Komunis lewat PKC yang sangat mempengaruhi isi dari pendidikan China.
Sebelum tahun 1949 sistem pendidikan di China disesuaikan dengan system pendidikan di Amerika Serikat. Tetapi setelah 1949 sistem pendidikan berganti menjadi system pendidikan bergaya Uni Soviet. Semua penelitian ilmiah dipusatkan dalam lembaga khusus di bawah pimpinan umum dari Akademi Ilmu Nasional yaitu Academia Sinica.
Pada aspek pendidikan yang jadi permasalahan utama adalah pada saat tingkat pendidikan diperluas, China kekurangan tenaga pengajar khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Meskipun begitu pendidikan dasar tetap diperluas sampai memiliki murid sebanyak 67 juta pada tahun 1957. Selain itu juga, diadakan kampanye pendidikan secara besar-besaran pada orang-orang dewasa.
Transformasi pendidikan yang paling unik adalah adanya system pin yin, yaitu system yang diciptakan untuk menulis bahasa China dengan huruf latin. Meskipun penggunaan system ini masih terbatas pada transkripsi judul surat kabar. Selain itu, dengan memilikinya keberagaman aksara di China, pemerintah menetapkan aksara di China Utara sebagai bahasa standar China ini ditujukan untuk menyederhanakan ribuan aksara yang terdapat di China.





PENUTUP
Proses berdirinya Republik Rakyat China merupakan salah satu babak sejarah dalam perjalanan negara China. Dari Tahun 1927 komunis China mulai bisa merentangkan sayapnya terhadap China yang saat itu masih berhaluan nasionalis dibawah kuomintang yang dipimpin Sun Yat Sen dan Ciang Kai Shek. Setelah terjadinya Perang Dunia II, wilayah China yang tadinya dikuasai oleh Jepang dijadikan lahan pertarungan politik oleh dua partai besar di China yaitu PKC dan Kuomintang. PKC yang mengambil wilayah di China Utara dan pada umumnya adalah desa-desa, sedangkan Kuomintang wilayah yang umumnya kota-kota besar. Tetapi masalah ada di wilayah Manchuria. Kedua partai tersebut berebut wilayah ini, akibatnya terjadi perang saudara yang berakhir tahun 1949. Yang dimenangkan oleh PKC. Dengan strategi “desa mengepung kota” wilayah seperti Manchuria, Santung, Tiensin, Peking berhasil dikuasai komunisme. Dan Kuomintang pindah ke wilayah taiwan dan mendirikan negara Taiwan yang berhaluan nasionalis. Tanggal 1 Oktober 1949 merupakan hari berdirinya Republik Rakyat China.
RRC merupakan negara yang berhaluan komunisme. Seluruh aspek kehidupan masyarakat berhaluan komunisme. Hanya dari aspek ekonomi yang menganut sistem pasar bebas, itu karena transformasi ekonomi yang dilakukan pasca kegagalan kebijakan-kebijakan ekonomi sebelum tahun 1978. China menjadi sebuah negara yang “pragmatis” yaitu negara yang menjalankan sebuah sistem ekonomi yang bertentangan dengan idiologi negaranya, hanya untuk mencapai kemajuan ekonomi bagi negara China. Dan hal ini berhasil membuat China tumbuh sebgai kekuatan ekonomi baru di Asia bahkan di Dunia.










DAFTAR PUSTAKA

Buku.
- Horst, D. Van Der, Geschiedenis Van China.
- Soebantardjo. Sari Sedjarah Asia Djilid I. Yogyakarta. 1954.
- Sukisman., W.D. Sejarah China Kontemporer Jilid II. Jakarta : Pradnya Paramita. 1993.
- Taniputera, Ivan. History Of China. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. 2008.

Internet.
- http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/09/29/19433433/60.tahun.rrc.apa.kata.generasi.muda.partai.komunis
- http://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Rakyat_Cina
- http://www.sinarharapan.co.id/cetak/berita/read/jalan-panjang-mengurus-bangsa/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Cina
- http://gustilebo.blog.friendster.com/2007/07/tugas-politik-china/
- http://devilcool.blog.friendster.com/2007/08/perkembangan-polrrc-tahun-1949-1989/
- http://beeyans.blogspot.com/2009/06/terbentuknya-rrc-program-tahap-awal.html
- http://lemoniac.blogspot.com/2008/09/negara-industri-baru-rrc.html
- http://subpokmandarin.wordpress.com/2008/04/04/politik-rrc/

MATERI SEJARAH KELAS XI IPA

Materi Masa Demokrasi liberal klik
download

Materi Mempertahankan kemerdekaan klik
download


Materi Mempertahankan kemerdekaan klik
download

POWERPOINT ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL (HASIL SISWA SMAN 19 KAB. TANGERANG)

POWERPOINT ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL (HASIL SISWA SMAN 19 KAB. TANGERANG)

BOEDI OETOMO klik
download

INDISCHE PARTIJ klik
download

MUHAMMADIYAH klik
download

PKI klik
download

PNI klik
download

SYARIKAT ISLAM klik
download

POWERPOINT 4 REVOLUSI DI DUNIA (HASIL SISWA SMAN 19 KAB. TANGERANG)

POWERPOINT 4 REVOLUSI DI DUNIA (HASIL SISWA SMAN 19 KAB. TANGERANG)

Revolusi Amerika klik
download

Revolusi Industri klik
download

Revolusi Prancis klik
download

Revolusi Rusia klik
download

PERADABAN TINGGI DI DUNIA

POWERPOINT PERADABAN TINGGI DI DUNIA (HASIL SISWA SMAN 19 KAB. TANGERANG)

Peradaban Di Amerika klik
download

Peradaban Di China klik
download

Peradaban Mesir klik
download

Peradaban Mesopotamia klik
download

Peradaban Mohenjodaro klik
download

Peradaban Romawi klik
download

Peradaban Vietnam klik
download

Peradaban Yunani klik
download