Kamis, 25 Februari 2010

KUNCI SUKSES NEGARA ASIA TIMUR

RAHASIA KEMAJUAN EKONOMI DI ASIA TIMUR

Wilayah Asia Timur yang diwakili oleh tiga raksasanya yaitu China, Jepang dan Korea Selatan, merupakan sebuah negara yang menjadi sorotan negara-negara maju di dunia. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi ketiga negara tersebut menunjukan angka yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir ini. China, Jepang dan Korea Selatan tumbuh menjadi raksasa ekonomi dunia dengan angka pertumbuhan ekonomi diatas 7% pertahun. Angka yang sulit dicapai oleh sebuah negara yang pernah hancur akibat perang dan kekacauan kondisi pemerintahan pada dekade 50-an.
Pertumbuhan ekonomi negara-negara di Asia Timur merupakan “Mukjijat yang Unik” dan belum ada sebuah ‘kunci’ yang pasti yang dapat menjelaskan faktor apa yang menyebabkan negara di Asia Timur itu dapat menjadi negara berkembang yang paling berhasil. Tetapi jika dilihat lebih jauh, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perekonomian negara Asia Timur. Faktor itu adalah faktor eksogen dan yang kedua adalah pemerintah. Faktor yang pertama itu merupakan faktor-faktor penunjang perekonomian suatu negara seperti ketesediaan sumber daya alam, sumber daya manusia, negara di wilayah Asia Timur dapat memanfaatkan segala apa yang ada di dalam negaranya untuk kemajuan negara. Hal ini tentunya didukung dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal ekoomi. Pemerintah memiliki visi dan misi perekonomian yang jelas yang bisa di mengerti oleh para pelaku ekonomi di setiap negara di Asia Timur. Sehingga program kebijakan ekonomi yang pemerintah buat tepat sasaran dan dapat diaplikasikan oleh para pelaku ekonomi sebagai sebuah tujuan dalam kegiatan ekonomi.
Tetapi jika dilihat negara lain pun memiliki faktor endogen yang justru lebih menguntungkan dari pada negara di Asia Timur, tetapi faktor penting yang tidak bisa dilepaskan adalah faktor budaya masyarakat di Asia Timur. Masyarakat yang memiliki karakteristik ulet, perilaku masyarakat yang tidak kondumtif, mampu memanfaatkan peluang, dan memegang teguh tradisi merupakan modal emas bagi pertumbuhan negara-negara di Asia Timur. Hal ini menjadi faktor pendorong dan pelengkap bagi faktor yang sudah ada di dalam negara itu sendiri.
Singkat kata, kemajuan ekonomi di negara-negara Asia Timur ini karena adanya sebuah kesesuaian antara faktor-faktor pendukung ekonomi, yaitu sistem ekonomi pasar, faktor eksogen, pemerintah dengan budaya masyarakatnya. Kedua hal tadi dilengkapi dengan budaya masyarakat di Asia Timur yang cenderung ulet, dan berjiwa bisnis.

1 komentar:

  1. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan dalam web ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus